• Truelsen Navarro posted an update 10 months, 1 week ago

    Burung Jalak Alis Api adalah variasi burung kicau endemik yang berasal dari Sulawesi Selatan. Burung ini mungkin masih asing diantara tipe burung yang lain, tetapi seperti ragam jalak yang lain agak mirip cuma yang membedakan merupakan alisnya yang merah bagai api. Itulah mengapa tipe burung ini disebut burung Alis Api. Resiko kepunahan burung ini juga cukup rendah sehingga tak seperti itu mengkhawatirkan.

    Nama latin burung endemika yang berasal dari Sulawesi Selatan yakni burung Jalak Alis Api ialah Enodes Erythrophris Leptorhynchus dan termasuk ke alam keluarga Sturnidae atau keluarga Jalak. Burung ini mempunyai nafsu makan yang cukup tinggi dan dapat dibilang rakus. Diantara ragam jalak yang lain, yang ini cukup paling rakus. Karena nafsu makanya yang cukup tinggi dan makannya juga banyak, kotoran yang dikeluarkan juga banyak. Burung ini dapat hidup di alam bebas seperti pada hutan, pegunungan dan juga dataran rendah lain.

    Burung Jalak Alis Api ini dapat hidup di dataran rendah yang mempunyai ketinggian antara berkisar antara 1000 hingga 1500 meter di atas permukaan laut. Sebagian macam burung ini dapat bertahan pada ketinggian diatas 2300 meter di atas permukaan laut. Burung ini tak berkoloni dalam jumlah besar, cukup berdampingan dengan pasangannya. Melainkan ada juga macam yang berkoloni besar walau tak banyak. Pakan dari burung ini ialah buah- buahan, bahkan bisa dibilang buah-buahan yaitu pakan utamanya.

    Harga dari burung Jalak alis Api ini juga pelbagai dan dapat dikatakan tidak murah. Hal ini sebab burung ini memiliki estetika pada bulunya sehingga dikatakan macam jalak yang sungguh-sungguh unik. Burung yang jantan membangun sarannya pada batang-batang pohon. Ketinggian pohon yang biasanya diwujudkan sarang berukuran tinggi sekitar 4 meter diatas permukaan tanah. Burung betinanya lazimnya akan bertelor sekitar 3-4 butir dengan masa eramnya antara 2 minggu.

    Karakteristik burung kicau yang satu ini diantaranya merupakan: Mempunyai panjang tubuh sekitar 27 cm hingga 28 cm. Pada sisi kepalanya, pada wajah dan juga pipi terdapat warna hitam keabuan. Sementara itu pada bulu bagian bawah tubuhnya juga mempunyai warna yang sama, terpenting pada bagian dada, perut dan tenggorokan. Pada Komponen atas kepala burung ada warna kemerahan. Mulai dari lubang hidung, alis mata sampai tengkuk. Bunyi burung ini juga merdu, sayap burung ini berwarna hijau kecokelatan banyak disebut hijau zaitun.

    Demikianlah karakter dari jenis burung kicau Burung Jalak Alis Api. Burung ini tentu dapat menjadi incaran para kolektor burung.
    SuhuKicau.com yang sudah diuraikan diatas, burung ini tentu nampak benar-benar menarik bukan? Perawatannya juga kelihatannya lebih gampang. Sekian dari berita yang dapat diberi tahu, semoga informasi ini bisa menjadi informasi yang berguna.